Beranda | Artikel
Konsekuensi Akad Khiyar Bagian 2 - Hukum Syarat Jual Beli - Kitab Zadul Mustaqni (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)
Kamis, 30 November 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Erwandi Tarmizi

Konsekuensi Akad Khiyar Bagian 2 – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni adalah kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. yang merupakan rekaman kajian kitab زاد المستقنع في اختصار المقنع atau populer dengan sebutan Kitab Zadul Mustaqni. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Hanbali, karya Syaikh Syarifuddin Abu Naja Musa bin Ahmad Al-Hajawi rahimahullah dan merupakan ringkasan dari Kitab Al-Muqni karya Ibnu Qudamah rahimahullah.

Download kajian sebelumnya: Konsekuensi Akad Khiyar – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni

Download juga Kitab Zadul Mustaqni – Format PDF di sini

Ringkasan Kajian Tentang Konsekuensi Akad Khiyar Bagian 2 – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni

Dalam masa khiyar, haram atau tidak sah apabila salah satu (penjual atau pembeli) melakukan kewenangan tertentu terhadap barang yang diperjual belikan tanpa izin yang lain kecuali memerdekakan budak.

Contoh dalam hal ini, misalnya ada kedua orang bersepakat untuk menjual mobilnya dan memberlakukan khiyar syarat selama sepekan. Lalu tanpa meminta izin kepada penjual, mobil ini dijual kepada pihak lain. Maka jual beli kepada pihak lain ini haram hukumnya dan tidak sah. Juga bila pembeli ingin memodifikasi atau merubah catnya. Haram hukumnya melakukan hal tersebut tanpa izin dari penjual.

Dan begitu juga dari sisi penjual. Haram dan tidak sah hukumnya dia memakai uang si pembeli bila uang itu ditentukan. Misalnya telah diterima uang sebanyak seratus juta dalam satu tas. Kemudia dia mempergunakan uang dalam tas tersebut untuk membeli barang yang lain. Maka hal ini haram dan tidak sah dalam masa khiar syarat tadi.

Kecuali jika objeknya adalah budak dan untuk dimerdekakan. Pembeli boleh memerdekakan budak tanpa izin penjual. Hal ini dikarenakan syariat sangat menganjurkan untuk memerdekakan budak.

Download MP3 Kajian Tentang Konsekuensi Akad Khiyar Bagian 2 – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni



Artikel asli: https://www.radiorodja.com/29669-konsekuensi-akad-khiyar-bagian-2-hukum-syarat-jual-beli-kitab-zadul-mustaqni-ustadz-dr-erwandi-tarmizi-m/